BAB I & BAB II (Personal Komputer & Alat Pendukung Operasional Komputer)
BAB 1
PERSONAL KOMPUTER
PERSONAL KOMPUTER
A. PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata Computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang dipekerjakan melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
ekslusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai
untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan Matematika. Istilah lebih baik
yang cocok untuk arti luas seperti “KOMPUTER” adalah “PEMROSES INFORMASI” atau
“Sistem Pengolah Informasi”.
1. Definisi
Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat
mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang
lebih awal ialah bahwa, dengan pemograman yang benar, semua komputer dapat
mengemulasi sifat apapun (meskipun barang kali dibatasi oleh kapasitas
penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan memang dipercaya bahwa mesin
sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa
depan(meskipun niscaya lebih lambat).
2. Komputer Benam
Pada sekitar 20 tahun terakhir, banyak alat
rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga
mencakup telepon genggam,perekam kaset video, dan banyak sekali dalam
rumahtangga,industri,otomotif,dan alat elektronik lain, semua berisi Sirkuit
elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap diatas
(dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung
didalam CHIP ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin).
Komputer maksud Khusus lainnya secara umum dikenal sebagai “MIKRO KONTROLER”
atau “KOMPUTER BENAM” (EMBEDDED COMPUTER).
3. Komputer Pribadi
Akhirnya, banyak orang yang tak akrab dengan
bentuk komputer lain memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjuk kepada
Komputer Pribadi(PC).
4. Bagaimana Komputer Bekerja ?
Saat teknologi yang dipakai pada komputer
digital sudah berganti dramatis sejak KOMPUTER PERTAMA pada tahun 1940-an,
Komputer kebanyakan masih menggunakan Arsitektur VON NEUMANN, yang diusulkan
diawal 1940-an oleh John Von Neumann. Arsitektur Von Neumann menggambarkan
komputer dengan EMPAT bagian Utama : Unit Aritmatika dan Logis (ALU),unit
Kontrol,Memory, dan Alat masukan dan hasil (Secara kolektif dinamakan
I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas Kawat, “Bus”.
B. SEJARAH KOMPUTER
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah
dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik
untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa
mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu
Evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat
mekanik maupun elektronik. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang
lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem
komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral
telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang menghubungkan berbagai tempat di Dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak
jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan kedalam 4 Golongan Besar :
·
Peralatan
Manual :
Yaitu
peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam
pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
·
Peralatan
Mekanik:
Yaitu
peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara
manual.
·
Peralatan
Mekanik Elektronik:
Peralatan
yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.
·
Peralatan
Elektronik:
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik
penuh tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah Komputer dari masa
ke masa. Terutama alat pengolah data pada golongan 2,3,dan 4. Klasifikasi
komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
1. Alat Hitung Tradisional dan
Kalkulator Mekanik
ABACUS, yang muncul sekitar 5000 tahun yang
lalu di Asia kecil dan masih digunakan dibeberapa tempat hingga saat ini, dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada
sebuah Rak.Setelah hampir 12 Abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.
Pada tahun 1642, BLAISE PASCAL (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18
Tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (Numerical
Wheel Calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak
persegi kuningan ini yang dinamakan PASCALINE, menggunakan delapan roda putar
bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Tahun 1694, seorang Matematikawan dan Filsuf
Jerman, GOTTFRED WILHEM VON LEIBNIZ (1646-1716) memperbaiki pascaline dengan
membuat mesin yang dapat mengkalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik
ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Barulah pada tahun 1820,
kalkulator mekanik mulai populer. CHARLES XAVIER THOMAS de COLMAR menemukan
mesin yang dapat melakukan empat fungsi Aritmatik dasar, Yaitu Penjumlahan,
Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. Awal mula komputer yang sebenarnya
dibentuk oleh seseorang Profesor matematika Inggris, Charles Babbage
(1791-1871). Ia menemukan mesin Differensial pada tahun 1822. Setelah bekerja
dengan Mesin Differensial selama Sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi
untuk memulai membuat Kmputer General-Purpose yang pertama, yang disebut
ANALYTICAL ENGINE. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran
penting dalam pembuatan mesin ini. Dia membantu merevisi rencana,mencari
pendanaan dari pemerintah inggris, dan mengkomunikasikan Spesifikasi Analytical
Engine kepada publik.
Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika
Serikat menamakan sebuah bahasa pemograman dengan nama ADA sebagai penghormatan
kepadanya. Pada tahun1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat
komputer elektrik yang menerapkan Aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.
Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa
sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat
dinyatakan sebagai BENAR atau SALAH.
2. *Sejarah Komputer Generasi Pertama-Tube
(1942 – 1958):
1. Menggunakan teknologi tabung (vakum).
2. Berupaya memproses beberapa ribu
perintah sesaat, lebih cepat dari gerakan alat mekanik.
3. Berupaya menyimpan 10.000 – 20.000
karakter.
4. Menggunakan memori inti magnetik. Inti
magnet adalah gelang-gelang logam yang sangat kecil dan bisa memberikan
kekuatan magnet melalui satu dari dua arah.
3. *Sejarah Komputer Generasi
Kedua-Transistor (1959 – 1964):
1. Menggunakan transistor menggantikan
tabung hampa gas.
2. Dibuat oleh tiga ilmuwan di Bell
Laboratories, yaitu J. Bardeen, H. W. Brittain dan W.Shockley.
3. Transistor adalah sebuah alat
elektronik yang kecil di mana fungsinya adalah untuk mentransfer sinyal-sinyal
listrik melalui perintang.
4. Kompatibilitas terbatas. Program yang
ditulis untuk satu komputer harus diubah untuk dilaksanakan pada komputer lain.
5. Menggunakan hanya pita untuk
penyimpanan yang dapat memproses secara urutan saja.
6. Menggunakan bahasa level rendah yaitu
bahasa simbolik.
7. Lebih kecil, ringan, murah tahan lama
dan mudah digunakan.
8. Bahasa pemrograman tingkat tinggi atau
bahasa perhimpunan (assembly language) seperti FORTRAN dan COBOL.
4. *Sejarah Komputer Generasi
Ketiga-Rangkaian Listrik (1964 – 1970):
1. Menggunakan teknologi sirkuit terpadu
yang terdiri dari ribuan transistor yang ditempatkan pada bagian silikon.
2. Program lebih kompatibel.
3. Dimulainya konsep multi pemrograman.
Beberapa pengguna berbagi mesin. Istilah baru kemitraan masa.
4. Hemat dibandingkan dengan penggunaan
disk magnet.
5. Lebih kuat, utuh dan padat.
6. Bahasa pemrograman diproduksi seperti
BASIC dan Pascal.
5. *Sejarah Komputer Generasi
Keempat (1971 -1999):
1. Penggunaan sirkuit terpadu skala
besar. Istilah yang digunakan adalah integrasi Skala-Besar (Large-Scale
Intergration atau LSI).
2. Penggunaan mikro pemrosesan pada satu
serpihan.
3. Dengan pengenalan penyimpanan virtual,
program yang berukuran beberapa kali ukuran memori mesin dapat dilaksanakan.
4. Pengenalan pada CD memori baca saja
(Compact Disc Read Only Memory
5. (CD ROM)).
6. Memori utama komputer menjadi lebih
efisien, cepat dan besar.
6. *Sejarah Komputer Generasi
Kelima (2000 sampai sekarang):
1. Lebih canggih, lebih murah, lebih cepat dan
lebih hebat dari yang ada dan kemampuan ‘melihat’, ‘mendengar’, ‘berbicara’,
dan ‘berpikir’ seperti manusia-kecerdasan buatan.
2. Memiliki
kecerdasan buatan yaitu sejauh mana manusia membuat komputer itu cerdik.
3. Melaksanakan tugas secara paralel berbeda
dengan caranya sekarang dan memungkinkan tugas diselesaikan serentak.
4. Lebih cepat dan lebih kuasa untuk membuat
pikiran, belajar dan menyimpulkan.
7. Klarifikasi Komputer
a. Komputer Analog
§ Untuk mengukur data yang
berterusan.
§ Mengawal proses yang bergantung
kepada keadaan Fizikal.
§ Tidak memerlukan Storan.
§ Bidang: Kejuruteraan &
Sains.
§ Contoh: Halaju,Suhu &
Tekanan.
b. Komputer Digital
v Untuk menghitung data yang
diskrit.
v Melakukan operasi
Aritmethik/Logik terhadap data.
v Keputusan tepat dan boleh
berulang.
v Bidang: Perniagaan,Sains, dan
Matematik.
v Contoh: kira bilangan pelajar
didalam satu kelas.
c. Komputer Hybrid
· Menggabungkan fungsi-fungsi
komputer analog dan digital.
· Mempunyai ciri-ciri kedua-dua
jenis komputer.
· Bidang: Penyelidikan Saintifik.
d. Komputer Kegunaan Khas
ü Melakukan tugas tertentu
ü Atur cara khas dimuatkan
kedalam sistem dan kekal.
ü Contoh: perkakasan
rumah(Mikriwave,TV,Lampu isyarat,dll).
e. Komputer Kegunaan Am
ü Melakukan Berbagai Tugas.
ü Memerlukan sistem pengoperasian
(Operating system) untuk
Dikendalikan seperti Windows,Unix,Linux dan
sebagainya.
ü Berbagai program aplikasi boleh
dimuatkan ke dalam sistem
Untuk kegunaan tertentu.
ü Contoh: Kebanyakan komputer
digital.
f. Kerangka Utama/Server
o Terbesar di dalam Famili
Komputer.
o Harga Mahal.
o Digunakan di dalam rangkaian.
o Pemrosesan pantas,storan besar,
piranti Input/Output banyak.
o Digunakan didalam sektor
kerajaan, perniagaan besar, Tentara, Institusi Pendidikan, dan sebagainya.
o Contoh: IBM 370,Univac 1100 dan
sebagainya.
o Kerangka Utama yang besar
dikenali sebagai Superkomputer.
g. Mini Komputer
Size lebih kecil dari Kerangka
Utama.
Organisasi sama dengan kerangka
Utama
Sesuai untuk pemrosesan yang
tidak memerlukan capaian data yang banyak.
Contoh: DEC pdp-11,IBM 36 dan
sebagainya.
h. Mikrokomputer
© Terkecil dalam Famili Komputer.
© Mudah dikendalikan/digunakan.
© Dikenali sebagai komputer
pribadi (Personal Komputer-PC).
© Boleh digunakan secara
persendirian atau didalam rangkaian(Networking).
© Sesuai digunakan untuk pemrosesan
data yang sedikit.
© Popular digunakan
dirumah,sekolah,dan sebagainya.
© Terdapat banyak dipasaran.
Contoh : Komputer dengan pemroses Pentium 4,
Celeron, AMD, dll.
C. PERANGKAT KERAS
1. Arsitektur Komputer
Adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem Komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana Cetak-Biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan
bagian perangkat keras yang didesain (Kecepatan proses dan sistem
interkoneksinya). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah
arsitektur Von Neumann, CISC,RISC,Blue Gene , dll. Arsitektur komputer ini
paling tidak mengandung 3 Sub-kategori :
ü Setintruksi (ISA)
ü Arsitektur Mikro dari ISA, dan
ü Sistem desain dari seluruh
komponen dalam perangkat keras komputer ini.
2. Perangkat Keras Komputer
Pernagkat Keras komputer (Hardware) adalah
semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya
atau yang beroperasi didalamnya, dan dibedakan dengan perangkat Lunak
(Software) yang menyediakan intruksi untuk perangkat keras dalam menyelsaikan
tugasnya. Batasan antara perangkat Keras dan perangkat Lunak adalah Frimeware.
Komputer pada umumnya adalah Komputer Pribadi
(PC), dalam bentuk Desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut :
v Papan Induk (Motherboard),
beberapa Komponen yang ada di Papan Induk :
· RAM
· Bus PCI
· USB
· AGP
· ROM
· CPU
v Power Suplly
v Pengontrol Penyimpanan , dari
jenis IDE,SCSI, atau lainnya.
v Pengontrol Penampilan Video
yang memproduksi output untuk komputer display.
v Pengontrol Komputer
Bus(Paralel,Serial,USB,Firewire).
v Bebrapa jenis penyimpanan
komputer :
Ø CD : CD-ROM,CD-RW,CD-R
Ø DVD : DVD-ROM,DVD-RW,DVD-R
Ø Floppy Disk
v Penyimpanan dalam untuk
menyimpan data dalam komputer jangka panjang:
Ø Harddisk.
Ø Disk Array Controller
Ø Kartu Suara
Ø Jaringan Komputer : Modem,Kartu
Network.
v Alat Lainnya :
Ø Input
:Keyboard,Mouse,Trackball,Joystick,Scanner,Webcam,dll.
Ø Output
:Printer,Speaker,Monitor.
Ø Networking
:Modem,Kartu Network.
3. Pemrosesan Komputer
Pemrosesan
Unit pemrosesan Pusat atau CPU, berperan untuk
memproses arahan, melaksanakan perkiraan, dan mengurus laluan informasi terusan
System komputer.Unit atau piranti pemrosesan juga akan berkomunikasi dengan piranti
input,output,dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Unit Aritmatika dan Logika (ALU) adalah alat
yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika
(tambahan,pengurangan ,dan semacamnya),pelaksanaan logis (AND,OR,NOT), dan
pelaksanaan perbandingan (Misalnya membandingkan isi sebanyak dua slot untuk
kesetaraan).
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi
dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya disana, dapat berbentuk Hardcopy
ataupun Softcopy. Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab Keyboard
,Monitor, dan Disk Drive, ke yang lebih tidak biasa seperti Webcam dan
sebagainya.
Program
Program Komputer adalah daftar besar perintah
untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak
program komputer berisi Jutaan perintah , dan banyak dari perintah itu
dilakukan berulang kali, bahkan sebuah PC modern (tahun 2003) bisa melakukan
sekitar 2-3 MILYAR perintah dalam SEDETIK.
Sistem Operasi
Sistem Operasi ialah semacam gabungan dari
potongan kode yang berguna. Sistem Operasi menentukan program yang mana
dijalankan ,kapan, dan alat mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan.
Sistem Operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti Kode
(Driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
D. KOMPONEN HARDWARE
1. Papan Induk (Mohtherboard)
Papan Induk adalah papan sirkuit yang ditempeli
dengan CPU,Memori utama, Video Card,RAM, serta berbagai komponen lain yang
mendukung kinerja suatu komputer.
2. Komponen pada Motherboard
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah
Bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Komputer lama
menggunakan slot ISA, yang merupakan fcUS yang lamban sejak kemunculannya
sekitar tahun 1992,Bus PCI masih digunakan sampai sekarang hingga keluar versi
terbarunya yaitu PCI Express (Addon). Bebrapa Contoh Bus :
Ø BUS ISA
Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah
sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam
IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981.
Ø ISA 8-bit
Bus ISA 8-bit merupakan varian dari BUS ISA,
dengan bus data selebar 8-bit, yang digunakan dalam IBM PC 5150 (Model PC Awal).
Ø ISA 16-bit
Bus ISA 16-bit adalah sebuah bus ISA yang
memiliki bandwitch 16-bit, sehingga mengizinkan transfer rate dua kali lebih
cepat dibandingkan dengan ISA 8-bit pada kecepatan yang sama.
Ø AGP
Bus AGP, singkatan dari Accelerated Graphics
Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu gratis
berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA,bus VESA, atau bus PCI yang sebelumnya
digunakan.
3. VGA
Video Graphics Array adalah sebuah standar
tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada 1987.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu pada resolusi layar berukuran
640x480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna
untuk menerjemahkan Output (keluaran) komputer ke Monitor. Untuk
menggambar/desain gratis ataupun untuk bermain game , kita perlu VGA yang
tinggi kekuatannya.
4. RAM
RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak
memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat
memori unit, seperti tape magnetik,disk,dan drum, dimana gerakan mekanikal dari
media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Beberapa jenis RAM, dari atas ke bawah :
DIP,SIPP,SIMM 30-pin, SIMM 72-pin, DIMM,DDR DIMM.
- SRAM atau Static RAM
- NV-RAM atau Non-Votaile RAM
- DRAM atau Dynamic RAM
a. Fast Page Mode RAM
b. EDO RAM atau Extended Data Out
RAM
c. XDRD RAM
d. SDRRAM atau Synchronous RAM.
5. I/O (INPUT/OUTPUT)
Unit I/O adalah bagian dari sistem
mikroprocessor yang digunakan untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit Input
adalah unit luar yang digunakan untuk memasukan data dari luar ke dalam
mikroprocessor ini, contohnya dta yang berasal dari keyboard atau mouse. Unit
Output biasanya digunakan untuk menampilkan data ,atau dengan kata lain untuk
menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprocessor, contohnya data yang akan
ditampilkan pada layar monitor atau printer.
6. HARDDISK
Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras
yang menyimpan data Sekunder dan berisi piringan Magnetis, dan pertama kali
dibuat oleh Insinyur IBM, REYNOLD JOHNSON ditahun 1952.
7. SCSI
SCSI singkatan dari Small Computer System
Interface, adalah sebuah antarmuka bus berkinerja tinggi yang didefinisikan
oleh panitia ANSI X3T9.2(American National Standards Institute).
8. UNIVERSAL SERIAL BUS
Universal Serial Bus (BUS) adalah standar bus
berseri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga
digunakan peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA. Sistem USB
mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa
peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan HUB yang
khusus.
9. KONEKTOR USB (Tipe A & B)
Desain USB ditujukan untuk menghilangkan
perlunya penambahan expansion card ke ISA computer atau BUS-PCI, dan memperbaiki
kemampuan plug-and-play dengan memperbolehkan peralatan ditukar atau ditambah
ke sistem tanpa perlu me-Reboot komputer. Ketika USB dipasang, isa langsung
dikenal sistem komputer dan memproses device driver yang diperlukan untuk
menjalankannya.
10. ADVANCED TECHNOLOGY
ATTACHMENT
Advanced Technology Attachment (ATA) adalah
interface standar untuk menghubungkan storage Device seperti harddiskdan CD ROM
drives dalam personal Komputer. Banyak terdapat istilah dan sinonim lain untuk
ATA, termasuk singkatan-singkatan shi,ATAPs, dan UhMA.
11. CPU
Sebuah CPU singkatan dari Central Processing
Unit menunjuk ke bagian dari perangkat keras komputer yang memahami dan
melaksanakan intruksi dan data yang terdapat dalam perangkat lunak. Istilah
yang lebih umum processor kadangkala digunakan untuk menunjuk ke CPU.
12. PROCESSOR
Berikut ini Beberapa macam jenis Processor :
- INTEL : Intel Pentium 4, Intel
Core 2, Intel Core i3, dll.
- AMD : Turion64, Duron,
Sempron, Kryptonite (K5), NexGen, Athlon, dll.
13. DISKET
Disket atau Floppy Disk adalah sebuah perangkat
penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat
yang tipis dan lentur yang dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau
persegi panjang.
14. CD-ROM
CD-ROM (Compact Disc – Read Only Memory) adlah
sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disk) yang dapat
menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 MB
atau 700 juta bit. CD-ROM bersifat read only (hanyat dapat dibaca dan tidak
dapat ditulisi).
15. CD-RW
CD-RW (Compact Disk Rewritable) yakni sebuah
media penyimpanan cakram berbasis optik yang dapat ditulisi dan dihapus lagi
untuk ditulisi lagi untuk menyimpan data.
16. CD-R
CD-R (Compact Disk – Recordable) merupakan
jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data, salah satu jenis media
penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD
polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD-ROM. Awalnya CD-R
dilapisi emas sebagai media refleksinya.
17. DVD
DVD adalah sejenis cakram optis yang dapat
digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas Video dan Audio
yang lebih baik dari kualitas VCD. Terdapat pula perangkat lunak yang
membolehkan pengguna backup DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.
BAB II
ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL
KOMPUTER
ALAT PENDUKUNG OPERASIONAL
KOMPUTER
A. ALAT INPUT
1. Keyboard
Papan Ketik (Keyboard) adalah peralatan
magnetik yang digunakan untuk mnginput (memasukkan) teks dan juga untuk
mengatur pengoperasian komputer. Keyboard terdiri dari tombol kotak-kotak yang
tersusun. Tombol tersebut mempunyai huruf-huruf atau simbol yang tercetak
diatasnya yang menunjukan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor
bila ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya
secara bersamaan , kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
2. Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk
memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse berbentuk seperti
seekor tikus yang menjadi asal nama bahasa inggrisnya (Mouse).Bentuk mouse yang
umumnya adalah dua tombol, masing-masing di kiri dan kanan yang bisa di “KLIK”.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah
permukaan yang keras dan rata.
Mengoperasikan Mouse Mekanis :
a. Bola akan berputar saat mouse
ditarik.
b. Roller X dan Y memegang bola
tersebut dan memindahkan gerakan.
c. Disk Disk pengkode optikal
termasuk lubang-lubang cahaya.
d. LED Inframerah memancar melalui
disk-disk tersebut.
e. Sensor-sensor mengumpulkan
pulsa-pulsa cahaya untuk mengubah kecepatan X dan Y
3. Joystick
Joystick ialah alat masukan komputer yang
berwujud tuas yang dapat bergerak ke empat arah (kiri-kanan- dan maju-mundur).
Joystick sangat jamak digunakan bagi aplikasi permainan komputer dan tersedia
dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk joystick pesawat terbang, stir mobil,
dan gamepad.
4. Scanner
Scanner merupakan suatu alat yang digunakan
untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti
dokumen,foto,gelombang,suhu, dan lain-lain. Hasil scanner an itu pada umumnya
akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Diantara jenis-jenis
Scanner, Scanner gambar adalah yang paling sering disebut sebagai Scanner.
Berikut Beberapa jenis Scanner :
Ø Scanner Gambar
Ø Scanner Barcode
Ø Scanner Sinar-X
Ø Scanner Cek
Ø Scanner Logam
Ø Scanner Optical Mark Reader
(OMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan
kertas, Scanner gambar terdiri dari 2 jenis, yaitu :
v Flatbed :
Pada scanner Flatbed, kertas diletakkan diatas
kaca Scanner, kemudian lampu dan sensor Scanner akan bergerak menyusuri kertas
tersebut untuk memperoleh gambarnya.
v Automatic Document Feeder (ADF)
Pada Scanner ADF, kertas diletakkan pada
baki/tray, lalu satu persatu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner
dengan adanya pad assy dan roller. Pada daat kertas bergerak diatas lampu
Scanner sensor Scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang mempresentasikan
kertas tsb.
5. Webcam
Webcam (Web Camera) adalah sebutan bagi kamera
realtime (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau
dilihat melalui World Wide Web, program Instant Messaging, atau aplikasi video
call.
B. ALAT OUTPUT
1. Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang
menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik,
diatas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker
sebagai alat mengambil kertas dari Tray. Tray ialah tempat menaruh kertas.
Tinta atau Toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang
disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas.
2. Pengeras Suara
Pengeras Suara (Loud Speaker) adalah komponen
elektronika yang meneriman sinyal masukan dan memberikan respon keluaran berupa
Frekuensi Audio (suara) dengan cara menggertarkan komponennya yang berbentuk
selaput.
C. JARINGAN
Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang
terdiri dari atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama
untuk mencapai satu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah :
a. Membagi sumber daya : contohnya
berbagi pemakaian printer,CPU,Memori,Harddisk.
b. Komunikasi
: contohnya surat elektronik, Instant
Messaging,Chatting.
c. Akses Informasi
:
Contohnya Web Browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap
bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan Layanan (Service). Pihak
yang meminta layanan tersebut disebut Klien (Client) dan yang memberikan
layanan disebut pelayan (Server). Arsitektur ini disebut dengan sistem
Client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
1. KLASIFIKASI
A. Berdasarkan Skala :
Ø Local Area Network (LAN),
Mencakup Satu Tempat/Lokal.
Ø Metropolitan Area Network
(WAN), Mencakup Satu Kota.
Ø Wide Area Network (WAN),
Mencakup Satu Negara.
Ø Internet , Mencakup
Global/Dunia.
B. Berdasarkan Fungsi :
1. Client-Server
Yaitu Jaringan Komputer dengan Komputer yang
didedasikan khusus sebagai Server. Sebuah Service/Layanan bisa diberikan
oleh sebuah komputer atau lebih.
2. Peer-to-Peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host
dapat menjadi server dan juga menjadi Client secara bersamaan.
3. Berdasarkan Topologi Jaringan
-Topologi Bus
-Topologi Bintang
-Topologi Cincin (Ring)
-Topologi Mess.
-Dll.
2. MODEM
Modem Berasal dari dai singkatan Modulator
DEMolator. Perangkat keras ini digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi
sinyal analog sehingga data dari komputer dari Komputer bisa dikirimkan melalui
saluran telepon atau saluran lainnya.
3..KARTU
JARINGAN
Kartu Jaringan (NIC=Network Interface Card)
adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah
jaringan komputer. Ada Dua jenis NIC yang beredar , yaitu NIC FISIK dan NIC
LOGIS.
A. NIC FISIK
NIC Fisik umumnya berupa kartu yang dapat
dtancapkan ke dalam sebuah slot dalam Motherboard komputer,yang dapat berupa
kartu dengan Bus ISA,bus PCI,bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Kartu NIC
Fisik terbagi menjadi 2, Yaitu Media-Specific NIC dan Architecture Specific NIC.
B. NIC LOGIS
NIC Logis merupakan jenis NIC yang tidak ada
secara fisik, dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalkan di
atas sistem operasi, dan bekerja seolah-olah dirinya sebuah NIC. Contohnya
adalah NIC Adapter.
Komentar
Posting Komentar